Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kadara terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak tunagrahita. Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang mencakup angka, bilangan, memanipulasi jumlah seperti pengurangan dan penjumlahan. Metode pembelajaran berhitung menggunakan media permainan Kadara (kartu, dakon, menara) menyenangkan serta mudah, juga menjadi metode untuk menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita. Kadara merupakan permainan yang bisa dimainkan oleh semua orang, baik anak laki-laki, perempuan, atau orang dewasa. Permainan Kadara yang diterapkan dalam penelitian ini dapat menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita, karena pada permainan Kadara anak dilatih berhitung dalam menyelesaikan masalah terhadap penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimen dengan menggunakan metode pendekatan Single Subject Research (SSR), dimana subjek terdiri atas satu orang yang diberikan perlakuan. Data dianalisis dengan cara deskriptif dengan mengulas kejadian yang ditampakkan oleh Subjek. Hasil dari penelitian ini disimpulkan penggunaan media permainan Kadara dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita.
Copyrights © 2023