Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education

PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Sari, Novita (Unknown)
Ningsih, Yunika Lestaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang menggunakan model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang berjumlah 33 orang dan objek penelitian adalah minat belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Didapat minat belajar peserta didik dari hasil observasi pra penelitian 45,44% terkategori kurang baik dan pada siklus I diperoleh 60,48% terkategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 80% terkategori baik. Berdasarkan hasil angket minat belajar peserta didik, skor rata-rata pada siklus I sebesar 69,79 terkategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 78,39 terkategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang pada pembelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...