Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL POCKET BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Usmadi, Usmadi (Unknown)
Anasthasya, Nadia (Unknown)
Bayu, Eka Pasca (Unknown)
Ergusni, Ergusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Digital Pocket Book berbasis Model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah research and development, proses pengembangan  menggunakan model pengembangan ADDIE,  terdiri dari 5 tahapan, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi  dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data yaitu memberikan angket validasi produk kepada ahli materi, media, bahasa, angket praktikalitas siswa dan uji efektivitas dari soal tes hasil belajar siswa.  Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran Digital Pocket Book berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria valid dengan persentase validitas produk sebesar 78,43%, hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase 83,26%  dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase 84,21%  dengan kriteria sangat efektif. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah  media pembelajaran digital Pocket  Book  berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...