Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Digital Pocket Book berbasis Model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah research and development, proses pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE, terdiri dari 5 tahapan, yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data yaitu memberikan angket validasi produk kepada ahli materi, media, bahasa, angket praktikalitas siswa dan uji efektivitas dari soal tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran Digital Pocket Book berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria valid dengan persentase validitas produk sebesar 78,43%, hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase 83,26% dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase 84,21% dengan kriteria sangat efektif. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah media pembelajaran digital Pocket Book berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Copyrights © 2024