Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

DESAIN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP

Bayu Anggara, Galih (Unknown)
Elly S, As (Unknown)
Refianti, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi teorema Pythagoras yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation . Subjek penelitian ini terdiri dari validator (ahli bahasa, materi dan media), guru matematika dan siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mewawancarai, pengisian lembar angket, dan tes. Hasil penelitian yang dikembangkan memiliki validitas bahasa sebesar 0,80 dengan kategori sangat valid, validitas media sebesar 0,83 dengan kategori sangat valid, dan validitas materi 0,67 dengan kategori valid. Kepraktisan e-modul berdasarkan respon guru sebesar 84,4% dengan kategori sangat praktis dan respon siswa (small group) sebesar 95,8% dengan kategori sangat praktis. Aspek efek potensial e-modul terhadap hasil belajar siswa dimana sebesar 74,2% dengan kategori baik. Kesimpulan bahwa pengembangan e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi teorema Pythagoras yang dikembangkan pada penelitian ini dinyatakan valid dan praktis serta memiliki efek potensial yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...