Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 59 PALEMBANG PADA MATERI STATISTIKA

Saputri, Ayu (Unknown)
Sari, Eka Fitri Puspa (Unknown)
Ningsih, Yunika Lestaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi numerasi siswa pada materi statistika di SMP Negeri 59 Palembang. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 59 Palembang, dengan sampel acak yang terdiri dari 34 siswa kelas VIII5. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk soal uraian mengenai materi statistika. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik pada tiga indikator menunjukkan hasil sebagai berikut: indikator pertama, yang mengukur kemampuan untuk menganalisis informasi dalam berbagai bentuk, memperoleh persentase 70,59% dengan kategori sedang. Indikator kedua, yang mengukur kemampuan untuk menggunakan angka dan simbol matematika dasar dalam menyelesaikan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari, memperoleh persentase 55,51% dengan kategori rendah. Indikator ketiga, yang mengukur kemampuan untuk menggunakan hasil analisis dalam mengambil keputusan, memperoleh persentase 47,06%. Secara umum, tingkat literasi numerasi siswa di SMP Negeri 59 Palembang pada materi statistika berada dalam kategori rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...