Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education

PROFIL SUBJECTIVE WELL-BEING SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF GENDER

Syakira, Hadhona Fatmah (Unknown)
Winarso, Widodo (Unknown)
Haqq, Arif Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, kemudian berdampak pada kesejahteraan psikologis siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat subjective well-being (SWB) siswa dalam pembelajaran matematika, menganalisis faktor yang mempengaruhinya,  serta meninjau perbedaannya berdasarkan gender.  Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif komparatif, dengan data diperoleh melalui angket subjective well-being pada siswa kelas IX SMP IT Al Burhany, dipilih menggunakan purposive sampling. Analisis dilakukan melalui analisis deskriptif, analisis faktor principal component analysis (PCA), dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat subjective well-being siswa berada dalam kategori kuat. Analisis faktor menunjukkan bahwa faktor 1 merupakan faktor yang memengaruhi subjective well-being siswa dalam pembelajaran matematika, dengan nilai eigen terbesar dengan aspek adalah aspek sosial. Perbedaan signifikan juga ditemukan dalam tingkat subjective well-being antara siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan hasil uji independent sample t-test, yang menunjukkan adanya pengaruh gender terhadap tingkat subjective well-being siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun secara umum siswa menunjukkan subjective well-being yang cukup baik, namun terdapat perbedaan pengalaman berdasarkan gender, khususnya dalam aspek sosial dan psikologis. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan pemahaman empiris tentang pengaruh gender terhadap subjective well-being siswa dalam pembelajaran matematika, yang dapat menjadi acuan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...