Pada era perindustrian usaha saat ini menginginkan bahwa keuntungan sebesarbesarnyadengan menghalalkan segala cara tanpa mempertimbangkan nilai-nilaimoral transendental. Etika persaingan seperti ini akan mengakibatkan persainganyang tidak sehat, profesional dan sportif, merugikan pelanggan dan dampakterburuknya adalah perusahaan akan kehilangan pelanggan. Secara ironis telahterjadi pergeseran paradigma bahwa masyarakat saat ini menganggap perilakubisnis yang menggunakan etika Islam akan menghambat proses pencapaiankeuntungan yang maksimal sebagai prinsip berbisnis. Marketing mix dalamperspektif Islam meliputi produk, harga, promosi, distribusi, dan orang, sebagaikonsep alternatif strategi dalam mempertahankan persaingan. bahwa seorangmarketer syariah dalam melayani pelanggan yang mendasarkan pada prinsipprinsipbauran pemasaran dalam perspektif Islam yang bersumber dari al-Qur'andan as-Sunnah, akan mampu memberikan maṣlaḥah (kesejahteraan) kepadapelanggan, sehingga tercipta hubungan yang baik. hubungan antara pelanggan danpenjualan pekerja dan dengan perusahaan dalam jangka panjang, pada akhirnyadapat mengantarkan perusahaan lebih mapan dan berkelanjutan.
Copyrights © 2021