Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
Vol 4 No 1 (2024): Al-Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah

Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Bisnis Syariah

Agustina, Sintha Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Keterampilan komunikasi sangat penting dalam kehidupan organisasi, bahkan menjadi suatu kebutuhan. komunikasi dalam organisasi menjadi poin kunci dalam menciptakan situasi dan lingkungan yang menguntungkan, menciptakan komunikasi yang berkesinambungan, meningkatkan kepercayaan publik, meningkatkan citra baik perusahaan/organisasi bahkan membantu mempromosikan dan meningkatkan pemasaran produk/jasa. Oleh karena itu, setiap individu, bukan suatu komunitas, harus mengatur, memahami, melaksanakan dan mengembangkan komunikasi dalam organisasi dengan benar. Komunikasi pada bisnis syariah merupakan proses berbagi informasi antara orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Komunikasi bisnis yang efektif adalah cara karyawan dan manajemen berkomunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan mengurangi kesalahan. Komunikasi organisasi adalah sebuah proses penerimaan dan penyampaian pesan dalam suatu jaringan hubungan yang saling bergantung satu sama lain. Seorang pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinannya harus memiliki keterampilan yang baik dalam berkomunikasi agar proses komunikasi yang terjadi didalam organisasi dapat berjalan dengan baik yang melibatkan komunikasi antara pemimpin dengan bawahannya atau sebaliknya. Dalam fungsinya seorang pemimpin harus menguasai komunikasi yang efektif dan juga harus jeli membaca situasi dan kondisi yang sedang terjadi sehingga seorang pemimpin dapat menyampaikan informasi dengan baik dan informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh pegawainya. Dalam proses pelaksanaannya komonikasi organisasi tergantung bagaimana individu didalam dapat berkomunikasi dengan baik dan terencana sehingga target yang telah ditetapkan oleh organisasi tersebut dapat tercapai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-amal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al Amal: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is a scholarly journal focusing on Islamic Business Management, published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat of the Institut Agama Islam An Nadwah Kuala Tungkal. The journal is published biannually in July and December. Al Amal welcomes and ...