JOURNAL J-MPI: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN
Vol. 3 No. 2 (2024): JOURNAL J-MPI: JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, PENELITIAN DAN KAJIAN KEISLAMAN

Penguatan Manajemen Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Melalui Pelatihan dan Pendampingan di Pesantren MBS Ulil Albab Ngawi

Sumarno, Sumarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat manajemen organisasi pada pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Pesantren MBS Ulil Albab Ngawi. Organisasi kepemudaan memiliki peran strategis dalam pengembangan potensi pelajar, namun sering menghadapi tantangan manajemen internal. Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan spesifik yang dihadapi IPM di pesantren tersebut, seperti kurangnya pemahaman prinsip manajemen, tantangan komunikasi, dan kendala dalam resolusi konflik. Metode yang digunakan adalah pendekatan intervensi berbasis pembelajaran pengalaman (experience learning) dan pembelajaran sambil melakukan (learning by doing), yang melibatkan survei awal, diskusi kelompok terfokus (FGD), pelatihan, dan pendampingan berkelanjutan. Pelatihan mencakup prinsip-prinsip manajemen organisasi, pengembangan kepemimpinan, peningkatan komunikasi, strategi resolusi konflik, serta peningkatan keterlibatan anggota. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman pengurus IPM mengenai fungsi manajemen, kemampuan kepemimpinan, efektivitas komunikasi internal, dan kapasitas resolusi konflik. Selain itu, solidaritas dan partisipasi anggota juga meningkat. Penguatan ini berkontribusi langsung pada pencapaian visi pesantren dalam mencetak kader dan pemimpin umat yang berintegritas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-MPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Journal J-MPI : Jurnal Manajemen Pendidikan, Penelitian dan Kajian Keislaman is a peer-reviewed scientific journal dedicated to the publication of high-quality research articles, theoretical studies, and critical reviews in the fields of educational management and Islamic studies. The journal aims ...