Abstrak Model Blended learning adalah salah satu model pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan teknologi sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21 dan relevan dengan pembelajaran masa covid-19, namun di Indonesia khususnya Sekolah Dasar belum banyak yang mengimplementasikan model pembelajaran blended learning bahkan guru ada yang belum mengetahui model pembelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran blended learning dan efektivitas model blended learning sebagian dari solusi pembelajaran inovatif dimasa post pandemi terhadap peserta didik disekolah dasar, sehingga guru di Sekolah Dasar dapat tertarik untuk menerapkan serta mengembangkan model pembelajaran Blended Learning di sekolahnya. Metode yang digunakan adalah tinjauan Pustaka sistematis. Dengan mengumpulkan artikel tentang blended learning di berbagai jenjang pendidikan, peneliti melakukan reduksi artikel agar literature review sesuai dengan topik yang dimuat pada artikel ini. Reduksi yang dilakukan peneliti adalah memilih artikel dan prosiding Langkah selanjutnya peneliti mereview artikel yang telah dikumpulkan serta direduksi sesuai kriteria yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Pembelajaran blended learning dapat diterapkan di sekolah dasar dengan cara offline ataupun hybrid learning. Pembelajaran blended learning telah dilaksanakan dengan baik sesuai prinsip dan peraturan pembelajaran blended learning. Sehingga, dapat dijadikan solusi yang efektif dalam proses belajar mengajar di masa pandemi covid-19 khususnya pada siswa yang kesulitan/keterbatasan fasilitas internet. Kata kunci:Efektivitas blended learning, Model pembelajaran
Copyrights © 2021