Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 2 (2021)

Problematika Pembelajaran di era new normal pada kelas 1 SDN 2 Talun

Parwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Pandemi covid 19 memeng membawa keluhan dan dampak bagi manusia kususnya pada dunia pendidikan. Pada era new normal tentu muncul berbagai macam problematika dalam pembelajaran. Seperti yang dialami di SDN 2 Talun Kecamatan Ngebel. Disekolah tersebut menerapakan sistem pembelajaran darring atau online seperti yang dilakukan siswa – siswi kelas 1 SDN 2 Talun ini. Disini banyak ditemui problematika yang dialami guru, siswa maupun mali murid. Dimana banyak siswa kelas 1 yang belum faham mengenai belajar secara online dan banyak pula yang terkendala jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui sikap dan perilaku siswa dalam meaksankan pembelajaran di era new normal. 2) untuk mengetahui sikap dan perilaku guru dalam meaksankan pembelajaran di era new normal. 3) mendeskripsikan sikap dan perilku orang tua dalam mendamingi anak belajar di era new normal. Hasil dari penelitian adalah : 1) siswa cenderung bosan dan merasa kesulitan menerima materi pada pembelajaran daring, 2) guru merasa kesulitan dalam memberikan pemahaman ke siswa pada materi yang dianggap sukar jika tidak dijelaskan langsung secara tatap muka, 3) orang tua merasakan kesukaran mendampingi anak dalam proses kegiatan pembelajaran daring karena keterbatasan kemampuan, waktu, maupun biaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...