Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 2 (2022)

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MI/SD

Putri Dewiyana, Safa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini untuk menganalisis peran guru dalam mengoptimalkan motivasi dan minat dalam pembelajaran peserta didik, dukungan dan faktor penghambat guru dalam mengoptimalkan motivasi dan minat belajar peserta didik, serta mendefinisikan solusi yang didapat guru dalam mengoptimalkan motivasi belajar pada peserta didik di MI/SD. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya motivasi dan minat belajar. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode kualitatif, melalui pendekatan deskriptif dengan studi literatur dari jurnal yang relevan. Kajian ini dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan minat belajar peserta didik, dilakukan dengan meningkatkan strategi pembelajaran dengan penggunaan metode yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan. Menurut hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai pendorong dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu: 1) Menggunakan metode yang beragam, 2) Menciptakan rivalitas, 3) Memberi tes/ujian, 4) Memberi penilaian, 5) Memberitahukan hasil belajar, 6) Memberi hadiah, dan 7) Memberi rewards dan punishment kepada peserta didik. Dengan mengimplementasikan cara-cara diatas, guru mampu mengoptimalkan minat belajar speserta didik. Strategi yang bervariasi dapat dilakukan oleh guru melalui pembelajaran di kelas sehingga peserta didik memiliki motivasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...