Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 2 (2022)

Pengaruh Ekstarakulikuler Tari Terhadap Pendidikan Karakter Kerja Sama Siswa di SDIT AL Akbar Karanggayam Srengat Blitar

Al Manik, Siti Khumairo'Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter kerja sama melalui kegiatan ekstrakurikuler tari di SDIT Al Akbar Karanggayam Blitar. Proses penelitian yang digunakan adalah deskriptif naratif dengan menggunakan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membentuk nilai karakter kerja sama melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari SDIT Al Akbar Karanggayam Blitar. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa yang ikut kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan guru pelatih seni tari. Hasil dalam penelitian ini adalah peran aktif kegiatan ekstrakurikuler tari dalam membentuk nilai karakter kerja sama siswa sudah terbentuk dengan baik. Hal tersebut direalisasikan ketika anak dalam menari bisa membantu temannya ketika ada teman yang belum bisa menari, anak mengenal semua temannya dari jenjang kelas lain dalam menari dan anak tidak membeda – bedakan teman dalam menari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...