Islamic Elementary School: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 5 No. 1 (2025)

Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Ilma Mufida (Unknown)
Etika Sri Dina (Unknown)
Indah Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka sudah dilaksanakan di sekolah-sekolah di Indonesia pada tahun ajaran 2022/2023. (Tri Astari, 2022)Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hambatan yang muncul berusaha di atasi dengan mencari informasi di internet atau platform digital yang disediakan kementeriann pendidikan serta bertanya kepada rekan guru yang lebih kompeten.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan sekaligus solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka jenjang SD. Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar (SD) memiliki beberapa kesimpulan, di antaranya Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih minat belajarnya,Kurikulum Merdeka mendorong kreativitas guru,Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas, Kurikulum Merdeka dapat membangun ekosistem belajar siswa yang menyenangkan,Kurikulum Merdeka dapat membekali peserta didik dengan keterampilan 4C yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan zaman,Kurikulum Merdeka dapat mengurangi beban akademik,Kurikulum Merdeka dapat memberikan ruang bagi siswa untuk belajar secara mandiri dan berkembang sesuai dengan minat dan bakat mereka(Ledia et al., 2024).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ies

Publisher

Subject

Religion

Description

Focus and Scope: Education For Elementary School Curriculum For Elementary School, Learning Strategies and Methods, Media and Technology Learning Elementary School. Psychology of MI aged Children Learning Materials at Madarasah Ibtidaiyah (Science, Mathematics, Social Sciences, Al-Qur an Hadith, ...