ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar
Vol 2 No 01 (2025): ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar

Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Berkearifan Lokal pada Jenjang Sekolah Dasar di Tanah Gayo

Astuti, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris untuk anak pada jendang sekolah dasar berbasiss kearifan lokal masyarakat gayo di Aceh tengah. Hal ini ini dilatarbelakangi oleh minimnya jumah bahan ajar Bahasa Inggris di jenjang sekolah dasar yang mengangkat konteks budaya lokal, khususnya budaya Gayo di Aceh Tengah. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.  Uji validitas dilakukan ahli bahan ajar dan diujikan kepada dua puluh anak pada uji coba kelompok. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar dari bab yang terdiri dari 15 materi pokok bahasan mendapat respon yang sangat baik, valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

elm

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ELEMENTICA: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Dasar adalah jurnal terkemuka yang berstatus peer-review dan open access. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah dari peneliti dan akademisi di seluruh dunia. Fokus utama jurnal ini adalah pada isu-isu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan ...