Abstak Berita menjadi suatu konten yang ada pada kompetensi bahasa oleh fase D. Menjadi salah satu materi ajar, berita nampaknya akrab dengan aktivitas harian siswa. Namun hasil pembelajaran di lapangan tak sesuai kenyataan kedekatan materi berita dengan keseharian. Salah satu materi yang terkandung dalam teks berita ialah menentukan kalimat fakta dan pendapat pada teks berita. Berdasarkan hasil observasi penyebab ketidakmampuan peserta didik untuk membedakan kalimat fakta dan pendapat ialah pembelajaran yang hanya terpusat pada guru. Faktor kedua yang menjadi penyebab sulitnya siswa membedakan kalimat fakta dan pendapat ialah media pembelajaran kurang menarik. Faktor berikutnya ialah suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini akan menerapkan pembelajaran menentukan perbedaan opini dan fakta dengan memakai media donat gimbal. Kata gimbal merupakan kependekan dari bagi tim, diskusi, dan kembali, lomba. Gimbal merupakan langkah-langkah dalam proses pembelajaran menentukan kalimat fakta dan pendapat. Data pada aktivitas ini merupakan Class Action Research. Hasil belajar siswa yang diperoleh setelah penggunaan media Donat gimbal bila dibandingkan sebelum memakai Donat gimbal saat di kelas, maka didapat peningkatan hasil yang cukup signifikan yaitu 16,86 saat siklus pertama dan 7,6 saat digunakan pada siklus kedua. Sesuai data yang diperoleh saat penerapan, dapat dikatakan penggunaan media donat gimbal dapat meningkatkan kemampuan membedakan kalimat fakta dan pendapat.
Copyrights © 2024