Indonesian Journal of Linguistics
Vol. 1 No. 1 (2024): Indonesian Journal of Linguistics

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRIPT KOPERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA KELAS X PADA MATERI TEKS EKSPOSISI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF 13 NGIMBANG, LAMONGAN, JAWA TIMUR

Mu'minin, Mu'minin (Unknown)
Dewi, Nuke Kumala (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan dan peningkatan keterampilan teks eksposisi analitis pada siswa kelas X di MA Ma'arif 13 Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur. Penelitian tindakan kelas ini memanfaatkan sistem pembelajaran Cooperative Script. Instrumen pengumpulan data meliputi metode tes dan non tes, seperti lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Prosedur pelaksanaannya meliputi perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script meningkatkan keterampilan teks eksposisi analitis siswa secara signifikan. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari skor prasiklus sebesar 70,69 menjadi 77,04 pada siklus I dan 81,08 pada siklus II. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Script efektif meningkatkan keterampilan teks eksposisi analitis siswa kelas X MA Ma'arif 13 Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijl

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and scope Indonesian Journal of Linguistics are the findings of the research, a review of the literature, and a book review on the advancement of science, which includes the investigation of research questions with immediate or broad application that significantly advance our understanding of ...