Indonesian Journal of Linguistics
Vol. 1 No. 2 (2024): Indonesian Journal of Linguistics

PERMAINAN BAHASA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN ROKOK A MILD

Rayyana, Mikail Randu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Artikel ini menggunakan filsafat bahasa sebagai pisau analitis untuk mengupas permainan kata dalam pemasaran rokok. Permainan bahasa merujuk pada penggunaan bahasa yang kreatif dan menyimpang dari aturan konvensional untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk memberitakan kepada masyarakat tentang penggunaan permainan bahasa yang digunakan oleh salah satu pabrik rokok terkenal. Metode yang dilakukan dalam analisis ini adalah dengan cara mengumpulkan data iklan di YouTube dan mengidentifikasi penggunaan bahasa dalam narasi iklan tersebut. Analisis ini menunjukkan bahwa permainan kata dalam pemasaran rokok digunakan untuk menciptakan makna yang kompleks dan multidimensi, yang membuat pesan iklan lebih menarik dan mudah diingat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu industri rokok menggunakan beberapa teknik untuk membuat merokok terlihat menarik dan aman. Hal tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan masyarakat, terutama generasi muda. Penting bagi konsumen untuk lebih kritis terhadap pesan iklan rokok, dan untuk menyadari bahwa permainan kata dapat digunakan untuk memanipulasi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijl

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and scope Indonesian Journal of Linguistics are the findings of the research, a review of the literature, and a book review on the advancement of science, which includes the investigation of research questions with immediate or broad application that significantly advance our understanding of ...