Jurnal Rekayasa Lingkungan Terbangun Berkelanjutan
Vol. 3 No. 1 (2025): Januari-Juni

ANALISIS ANTREAN KAPAL PADA TERMINAL PETIKEMAS MENGGUNAKAN TEORI ANTREAN

Muhammad Irvan Rizki Ramadhan (Unknown)
Suwandi Saputro (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik sistem antrian di terminal peti kemas serta mengevaluasi efisiensinya. Metode yang digunakan adalah pendekatan evaluatif dengan simulasi menggunakan aplikasi POM-QM untuk menganalisis parameter antrian. Data yang digunakan mencakup laju kedatangan kapal (λ) sebesar 27 kapal per hari per dermaga, laju pelayanan (μ) sebesar 4 kapal per hari per dermaga, dan jumlah server sebanyak 9 dermaga. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem antrian memiliki karakteristik multichannel single-phase dengan nilai utilisasi 75%. Rata-rata waktu tunggu kapal dalam antrian (Wq) adalah 0,04 hari (57,6 menit), dan rata-rata waktu kapal dalam sistem (W) adalah 0,29 hari (6,96 jam). Simulasi menunjukkan bahwa optimalisasi dapat dilakukan dengan menambah 2 server tambahan, sehingga jumlah dermaga menjadi 11. Dengan peningkatan jumlah server, efisiensi sistem antrian meningkat, waktu tunggu kapal berkurang, dan kapasitas pelayanan terminal menjadi lebih optimal. Kata kunci: Antrian kapal, Terminal peti kemas, POM-QM

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

rekaLTB

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Rekayasa Lingkungan Terbangun Berkelanjutan diterbitkan oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Trisakti, menerima tulisan dari disiplin ilmu terkait, antara lain Teknik Sipil, Arsitektur (Bangunan/Lansekap), Planologi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Ilmu Lingkungan, Rekayasa ...