Prosiding Seminar Nasional CORISINDO
Vol. 1 (2025): Prosiding Seminar Nasional CORISINDO 2025

Pemanfaatan Kamera untuk Kontrol Gerakan Real-Time dalam Sistem Interaktif Berbasis Unreal Engine

Fadila, Baiq (Unknown)
Hakim, Muh.Farid (Unknown)
Rizqullah, M. (Unknown)
Latif, Kurniadin Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2025

Abstract

Kemajuan teknologi pose estimation telah mendorong pengembangan sistem interaktif yang memanfaatkan gerakan tubuh pengguna sebagai input. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem kontrol karakter di Unreal Engine yang dikendalikan secara real-time melalui empat jenis gerakan tubuh, yaitu mengangkat tangan kanan, mengangkat tangan kiri, menekuk tangan kiri, dan menarik tangan kiri ke belakang. Sistem menggunakan MediaPipe BlazePose untuk mendeteksi 33 titik tubuh dari citra kamera secara langsung, kemudian mengubahnya menjadi data sudut gerakan (Euler angle) yang dikirim ke Unreal Engine melalui protokol UDP. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu merespons gerakan dengan cepat dan akurat, serta berjalan stabil pada perangkat tanpa GPU tambahan. Evaluasi kuisioner terhadap 32 responden menunjukkan bahwa sistem ini dinilai menarik, unik, dan berpotensi untuk digunakan dalam konteks game dan simulasi. Meskipun demikian, akurasi sistem masih dipengaruhi oleh pencahayaan dan kecepatan gerakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol gerakan tubuh menggunakan kamera biasa dan algoritma visi komputer dapat menjadi alternatif interaksi manusia-komputer yang efisien dan ekonomis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

corisindo2025

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Perguruan tinggi sebagai penyedia sumber daya manusia industri harus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan kompetensi transformasi digital di berbagai sektor, khususnya karya ilmiah. Berbagai inovasi harus dilakukan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.0. Hal ...