Kemajuan teknologi pose estimation telah mendorong pengembangan sistem interaktif yang memanfaatkan gerakan tubuh pengguna sebagai input. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem kontrol karakter di Unreal Engine yang dikendalikan secara real-time melalui empat jenis gerakan tubuh, yaitu mengangkat tangan kanan, mengangkat tangan kiri, menekuk tangan kiri, dan menarik tangan kiri ke belakang. Sistem menggunakan MediaPipe BlazePose untuk mendeteksi 33 titik tubuh dari citra kamera secara langsung, kemudian mengubahnya menjadi data sudut gerakan (Euler angle) yang dikirim ke Unreal Engine melalui protokol UDP. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu merespons gerakan dengan cepat dan akurat, serta berjalan stabil pada perangkat tanpa GPU tambahan. Evaluasi kuisioner terhadap 32 responden menunjukkan bahwa sistem ini dinilai menarik, unik, dan berpotensi untuk digunakan dalam konteks game dan simulasi. Meskipun demikian, akurasi sistem masih dipengaruhi oleh pencahayaan dan kecepatan gerakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol gerakan tubuh menggunakan kamera biasa dan algoritma visi komputer dapat menjadi alternatif interaksi manusia-komputer yang efisien dan ekonomis.
Copyrights © 2025