Jurnal Pistis: Teologi dan Praktia
Vol. 22 No. 1 (2022): Vol. 22 No. 1 (2022): Jurnal Pistis: Teologi dan Praktika

Peran Guru Sebagai Pelaksana Implementasi Kurikulum “Accelerated Christian Education” di Lifeway School Yogyakarta

Napitupulu, Moriana Masdaminar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kurikulum Accelerated Christian Education adalah sebuah program pendidikan individual (individual learning) yang dalam keseluruhan proses pembelajarannya terintegrasi dengan nilai-nilai Alkitab (Biblical worldview) dan Karakter Kristus. Kurikulum ini menarik karena memiliki tujuh konsep dasar yaitu proses pembelajaran yang terintegrasi dengan Alkitab, adanya pendidikan karakter Kristus, individual learning, memperkuat pemahaman atau sistem pembelajaran, mendorong siswa berpikir kritis, memperhatikan mastery learning dan membangun kemampuan bersosialisasi. Peran guru sangat penting sebagai pelaksana implementasi kurikulum ini karena guru adalah ujung tombak dari kurikulum. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru yakni kepala sekolah, siswa, dan orangtua. Kurikulum akan berhasil jika guru sebagai pelaksana menerapkannya dengan benar di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa peran guru di Lifeway School sebagai pelaksana implementasi Kurikulum Accelerated Christian Education ada banyak, Ia sebagai pengajar, pendidik, penilai, pemimpin, pembimbing, mentor, sebagai konselor, sebagai motivator, pemimpin spiritual dan agen Kristus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion

Description

Journal Pistis: Theology and Practice is a journal that accepts and publishes academic research in the fields of Theology (Biblical Theology, Systematic Theology) and Practice (Missiology, Christian Religious Education, Church History, and Expository Preaching). Journal Pistis publishes two editions ...