Masih banyak masyarakat muslim menganggap etika bisnis tidak terlalu penting keberadaannya dalam akitvitas bisnis, karena bisnis tidak lain hanyalah bertujuan untuk mencari keuntungan semata. Melalui penelitian ini akan dibahas bagaimana etika bisnis dalam perspektif Islam. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) yakni penelitian yang menelaah datadata yang bersumber dari bahan kepustakaan, dengan mengunakan analisis data deskriptif. Keberadaan etika bisnis tidak dapat dipisahkan dari bisnis itu sendiri. Etika bisnis dalam perspektif Islam mengandung nilai-nilai dasar bisnis seperti nilai kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, pertangung jawaban, dan ihsan. Kemudian melahirkan etika bisnis yang mana terbebas dari unsur kebatilan, kerusakan dan kezaliman seperti praktik riba, penipuan, mengurangi takaran atau penipuan, korupsi, suap, judi, gharar dan penimbunan dan lain sebaginya. Kemudian bisnis dalam perspektif Islam sangat mengedepankan nilai-nilai hasanah seperti kejujuran, amanah, adil, tanggung jawab sosial, istiqomah, toleransi dan ramah dalam kehidupan berbisnis. Dengan demikian etika bisnis dalam dalam perspektif Islam tidak hanya berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan hidup di dunia, namun juga bisnis sebagai wasilah kebaikan untuk keselamatan di akhirat kelak.
Copyrights © 2022