Journal Tafkirul Iqtishodiyyah
Vol. 2 No. 2 (2022): JOURNAL TAFKIRUL IQTISHODIYYAH

ETIKA BISNIS DALAM KAJIAN ANALISIS PERSPEKTIF ISLAM

Juhainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Masih banyak masyarakat muslim menganggap etika bisnis tidak terlalu penting keberadaannya dalam akitvitas bisnis, karena bisnis tidak lain hanyalah bertujuan untuk mencari keuntungan semata. Melalui penelitian ini akan dibahas bagaimana etika bisnis dalam perspektif Islam. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) yakni penelitian yang menelaah datadata yang bersumber dari bahan kepustakaan, dengan mengunakan analisis data deskriptif. Keberadaan etika bisnis tidak dapat dipisahkan dari bisnis itu sendiri. Etika bisnis dalam perspektif Islam mengandung nilai-nilai dasar bisnis seperti nilai kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, pertangung jawaban, dan ihsan. Kemudian melahirkan etika bisnis yang mana terbebas dari unsur kebatilan, kerusakan dan kezaliman seperti praktik riba, penipuan, mengurangi takaran atau penipuan, korupsi, suap, judi, gharar dan penimbunan dan lain sebaginya. Kemudian bisnis dalam perspektif Islam sangat mengedepankan nilai-nilai hasanah seperti kejujuran, amanah, adil, tanggung jawab sosial, istiqomah, toleransi dan ramah dalam kehidupan berbisnis. Dengan demikian etika bisnis dalam dalam perspektif Islam tidak hanya berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan hidup di dunia, namun juga bisnis sebagai wasilah kebaikan untuk keselamatan di akhirat kelak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JOURNAL TAFKIRUL IQTISHODIYYAH was published by the LPPM Darul Ulum Lampung Timur Institute of Sciences (STIS). Published twice a year, in June and December. Online ISSN : 2809-932X Print ISSN: 2809-9524. The journal focuses on providing quality research in the fields of Islamic economics, banking ...