Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah

Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Minat Masyarakat menjadi Nasabah Pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar

Sappeami, Sappeami (Unknown)
Baharuddin, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2021

Abstract

Pokok masalah artikel ini adalah bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Makassar? Artikel ini merupakan penelitian kuantitatif, selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kajian Pustaka (library Research) dan penelitian lapangan (field research), dimana pengumpulan datanga melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data yang dilakukan antara lain: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R2), dan uji signifikan (uji –t / t-test). Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y = 15,424 + 0,647X, nilai R sebesar 0,722 yang menandakan bahwa hubungan antar dua variabel tersebut tergolong dalam kategori kuat. Dan R Squarer sebesar 0,354, Hal ini menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran (X) memiliki pengaruh konstribusi sebesar 35,4% terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar (Y) dan 64,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor selain komunikasi pemasaran. Uji t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak hipotesis H0 dan menerima hipotesis H1 yang berarti “Komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah adalah terbitan berkala ilmiah yang menerbitkan artikel dari hasil penelitian yang berhubungan kajian ekonomi dan perbankan syariah seperti Islamic Economics, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, ...