Jurnal Multidisiplin Sosial dan Humaniora
Vol. 2 No. 1 (2025): April

PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. KENCANA SAWIT INDONESIA DI KOTA MEDAN

Ica, Rafli Kharisma Pratama (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk PT. Kencana Sawit Indonesia di Kota Medan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, data diperoleh dari 60 responden melalui kuesioner terstruktur. Temuan menunjukkan bahwa harga dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Analisis regresi mengungkapkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih besar (β = 0,55, t = 4,56) dibandingkan harga (β = 0,45, t = 3,21). Model menjelaskan 68% variasi dalam keputusan pembelian (R² = 0,68). Hasil ini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara penetapan harga yang kompetitif dan peningkatan kualitas produk. Implikasi praktisnya adalah strategi pemasaran harus menekankan keunggulan kualitas produk yang dipadukan dengan promosi harga yang menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmsh

Publisher

Subject

Computer Science & IT Environmental Science Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Multidisiplin Sosial dan Humaniora disingkat JMSH memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya berupa artikel hasil kegiatan PENELITIAN, PENGABDIAN dan REVIEW ARTIKEL dengan bidang kajian EKSAKTA UMUM, SAINS, ILMU EKONOMI, ILMU HUKUM, ILMU PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL UMUM dan Bidang ...