Jurnal Inovatif Wira Wacana
Vol. 4 No. 02 (2025): September 2025

Game Edukasi Kosakata Bagi Anak Tunagrahita Di SLBN Kanatang Berbasis Android

Laka Tamar, Ayunia (Unknown)
Pekuwali, Arini Aha (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2025

Abstract

Anak penyandang Tunagrahita mengalami keterbatasan dalam daya ingat dan kecerdasan yang berdampak pada proses belajar, khususnya dalam mengenal kosa kata dasar. Di SLBN Kanatang, Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis Android yang dirancang khusus untuk anak tunagrahita. Game ini menggunakan mekanisme drag and drop untuk menyusun kosa kata dan dilengkapi audio pelafalan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan mendengar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari beberapa tahap, yaitu: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Selain itu, algoritma Fisher Yates Shuffle digunakan untuk mengacak soal, sehingga soal yang muncul lebih bervariasi dan tidak berulang. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box serta perbandingan antara nilai pre-test dan post-test, terjadi peningkatan kemampuan kosakata siswa sebesar 18%. Oleh karena itu, media pembelajaran ini berpotensi menjadi sarana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa tunagrahita.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Ruang lingkup Jurnal Informatics Networks Optimization Versatility Algorithm Teknik Informatika Wira Wacana (Jurnal INOVATIF WIRA WACANA): Teknologi Informasi (Information Technology), Sistem Informasi (Information Systems), Sistem Informasi Geografis (Geo Information System), Sistem Komputer dan ...