Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh keputusan pembelian pada produk McDonald’s di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan McDonald’s di Yogyakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden yang pernah melakukan pembelian dan mengonsumsi produk McDonald’s minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menjunjukan bahwa Citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, Keputusan pembelian tidak memediasi secara signifikan hubungan antara citra merek dan loyalitas pelanggan dan Keputusan pembelian memediasi secara signifikan hubungan antara kualitas produk dan loyalitas pelanggan. Temuan ini mengindikasikan bahwa dalam konteks McDonald’s di Yogyakarta, loyalitas pelanggan lebih banyak dipengaruhi oleh faktor fungsional seperti kualitas produk dan pengalaman pembelian, bukan semata oleh citra merek.
Copyrights © 2026