Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara mata kuliah Pendidikan Konsumen dengan tingkat kesadaran mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta terhadap hak dan kewajiban konsumen. Kesadaran konsumen merupakan aspek penting dalam perlindungan konsumen yang melibatkan pemahaman terhadap hak-hak serta tanggung jawab dalam aktivitas konsumsi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis korelasi dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah terkait. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik inferensial dengan jenis regresi linear sederhana untuk mengidentifikasi korelasi antara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat signifikansi sebesar 0.009 <0.05, maka ada pengaruh variabel Pendidikan Konsumen (X) terhadap variabel Kesadaran Hak dan Kewajiban Konsumen (Y). Hal ini menegaskan pentingnya mata kuliah Pendidikan Konsumen dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai hak dan kewajiban mereka sebagai konsumen. Dengan demikian, rekomendasi penelitian ini adalah penguatan kurikulum serta pendekatan pembelajaran yang lebih aplikatif guna meningkatkan kesadaran dan literasi konsumen di kalangan mahasiswa.
Copyrights © 2025