Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 6 (2025): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Etika Menuntut Ilmu: Telaah Hadis Nabi dan Implikasinya bagi Pendidikan Karakter

Anggraeni, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Artikel ini mengkaji etika menuntut ilmu dalam perspektif hadis Nabi Muhammad SAW serta implikasinya bagi pendidikan karakter pelajar Muslim kontemporer. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis karakter dalam dunia pendidikan modern yang ditandai dengan menurunnya penghormatan terhadap guru, merebaknya plagiarisme, dan lemahnya integritas akademik. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis hadis-hadis Nabi yang terkait dengan etika menuntut ilmu. Hasil penelitian mengidentifikasi empat pilar utama etika menuntut ilmu: etika niat yang menekankan keikhlasan, etika terhadap guru yang menekankan penghormatan, etika kepribadian yang menekankan kerendahan hati, dan etika sosial yang menekankan tanggung jawab penyebaran ilmu. Keempat pilar ini membentuk sistem nilai yang komprehensif untuk membentuk karakter pelajar Muslim yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga luhur secara moral. Simpulan penelitian menegaskan bahwa integrasi nilai-nilai etika dari hadis Nabi dalam pendidikan karakter merupakan solusi strategis untuk menjawab krisis moral di era modern. Implikasi praktisnya adalah perlunya pengembangan kurikulum terintegrasi, pembinaan guru sebagai teladan, dan sistem penilaian karakter yang authentik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...