DERIVATIF
Vol 19, No 2 (2025): November

ANALISIS INOVASI PRODUK DAN KEUNGGULAN BERSAING UMKM DI KOTA BENGKULU

Novrianda, Herry (Unknown)
Shar, Aan (Unknown)
Rahim, Abdur (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi responden terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing UMKM di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu judgemental (purposive) berjumlah 140 responden yang merupakan pemilik/ pelaku dan karyawan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data digunakan kuesioner/ angket dengan metode analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode rata-rata (mean) dan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM di Kota Bengkulu cenderung lebih fokus pada inovasi produk dalam bentuk perluasan produk dan peniruan produk yang sudah ada, dengan sedikit penekanan pada pengembangan produk yang benar-benar baru. Dalam hal keunggulan bersaing, UMKM di Bengkulu menunjukkan kekuatan dalam aspek produksi dan keterampilan, namun masih memiliki tantangan dalam pengelolaan pembiayaan dan waktu pemasaran produk. Secara keseluruhan, meskipun UMKM di Kota Bengkulu menunjukkan performa yang cukup baik, ada beberapa area yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar.Kata kunci: Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, UMKM

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit ...