Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning, PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, dan artikel yang relevan mengenai PjBL dan kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan mendorong mereka untuk terlibat dalam proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa menjadi lebih aktif dalam kolaborasi, penyelesaian masalah, dan pengembangan ide-ide inovatif. Selain itu, PjBL juga berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi siswa dalam belajar matematika. Kesimpulan dari kajian ini menegaskan bahwa PjBL adalah metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, yang sangat penting dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik mengintegrasikan model pembelajaran berbasis proyek dalam kurikulum matematika untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa. ABSTRCTÂ This study aims to analyze the effectiveness of the Project-Based Learning (PjBL) model in enhancing students' mathematical creative thinking skills. The method employed in this research is a literature review, where data is collected from various sources, including books, journals, and relevant articles regarding PjBL and creative thinking abilities. The results indicate that the implementation of PjBL significantly improves students' creative thinking skills by engaging them in real-world projects that are relevant to their daily lives. Students become more active in collaboration, problem-solving, and the development of innovative ideas. Additionally, PjBL contributes to increasing students' confidence and motivation in learning mathematics. The conclusion of this study emphasizes that PjBL is an effective method for enhancing students' mathematical creative thinking skills, which is crucial in facing the challenges of 21st-century education. Therefore, it is recommended that educators integrate the project-based learning model into the mathematics curriculum to facilitate the development of students' creative thinking skills.
Copyrights © 2025