ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Google Sites berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemtation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri atas ahli (validator) dan 27 siswa kelas VIII B SMP Abdi Agape Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Teknik komunikasi tidak langsung berupa instrumen validasi isi ahli materi dan ahli media serta angket respon guru dan siswa, untuk teknik pengukuran berupa tes. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata persentase kevalidan sebesar 90,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil perhitungan angket respon guru dan angket respon siswa diperoleh rata-rata persentase kepraktisan sebesar 91,25% dengan kriteria sangat praktis. Hasil perhitungan posttest diperoleh persentase keefektifan sebesar 81,48% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, media pembelajaran Google Sites berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi Statistika.
Copyrights © 2025