Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Standar Pengelolaan di SDN 2 Nagasari Karawang sebagai salah satu komponen utama Standar Nasional Pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode observasi langsung dan wawancara mendalam kepada kepala sekolah, guru, serta staf administrasi. Data yang dikumpulkan difokuskan pada perencanaan program sekolah, pengelolaan kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, pengelolaan peserta didik, serta sistem evaluasi dan pelaporan kinerja sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 2 Nagasari telah memiliki rencana kerja jangka pendek dan jangka menengah yang mengacu pada visi, misi, dan tujuan sekolah, serta telah melakukan pengelolaan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar secara sistematis. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan sarana prasarana tertentu dan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan administrasi pembelajaran. Secara umum, pengelolaan sekolah di SDN 2 Nagasari Karawang sudah berjalan sesuai ketentuan, tetapi perlu optimalisasi pada aspek monitoring dan evaluasi internal agar mutu pendidikan dapat meningkat secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025