Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

PENGARUH ASSEMBLR EDU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN LITERASI BIODIVERSITAS SISWA SMA NEGERI 25 BONE

Normah (Unknown)
Nurmi (Unknown)
Sri wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Penurunan pemahaman siswa terhadap konsep biodiversitas menuntut inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Assemblr Edu berbasis Augmented Reality terhadap keterampilan literasi biodiversitas siswa SMA Negeri 25 Bone. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design tipe Pretest-Posttest Nonequivalent Group Design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan X.4 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 27 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket keterampilan literasi biodiversitas dan observasi selama proses pembelajaran, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro–Wilk, uji homogenitas Levene’s Test, dan uji Independent Sample t-test dengan bantuan SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, serta terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi 0,013 (<0,05), yang menandakan adanya pengaruh positif penggunaan Assemblr Edu terhadap peningkatan keterampilan literasi biodiversitas siswa. Kesimpulannya, penerapan media Assemblr Edu efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami, menganalisis, dan menerapkan konsep keanekaragaman hayati melalui pengalaman belajar yang interaktif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi teknologi Augmented Reality sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan biologi guna memperkuat literasi sains dan kesadaran lingkungan siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...