Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning / PjBL) pada materi Statistika di kelas X-5 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 37 peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa angket minat belajar yang memuat 12 item yang mewakili empat aspek. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor angket pada setiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar peserta didik. Pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II 81%, sehingga terjadi kenaikan sebesar 10%. Peningkatan juga terlihat pada setiap aspek, yaitu perasaan senang (7%), ketertarikan (11%), perhatian (12%), dan keterlibatan aktif (9%). Temuan ini menunjukkan efektivitas penerapan PjBL dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Selain itu juga berkontribusi terhadap perkembangan keterampilan abad 21. Pembelajaran berbasis proyek juga dapat menjadi alternatif strategi yang dapat diterapkan guru pada pertemuan berikutnya untuk mempertahankan keterlibatan peserta didik, sekaligus menjadi dasar pengembangan penelitian lanjutan dengan menambahkan kelompok pembanding atau mengukur hasil belajar sebagai keluaran tambahan.
Copyrights © 2025