Penelitian ini bertujuan mengetahui Program guru Bimbingan dan Konseling dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 2 Sidrap dan Mengetahui factor pendukung, penghambat serta mengetahui dampak pada peserta didik, program mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 2 Sidrap. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan metode Fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data di peroleh dari 3 orang guru bimbingan dan konseling, 1 orang wali kelas, 6 orang siswa, 2 orang tua siswa, dan kepala sekolah SMA Negeri 2 Sidrap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Program guru Bimbingan dan konseling dalam mencegah kenakalan remaja di SMA Negeri 2 Sidrap memiliki tiga program utama yaitu, a). program kerja sama dengan Polres Sidrap yang dinamakan BERSINAR (bersih dari narkoba) b). layanan informasi, pencegahan bullying, pergaulan bebas, narkoba dan merokok, metode yang digunakan yaitu ceramah, dan penggunaan media sosial, media cetak brosur, dan video c). pemberian bimbingan keagamaan. Dalam bentuk ceramah keagamaan, shalat berjamaah, dan Latihan kultum pada siswa. 2) Dampak pelaksanaan pada program pencegahan kenakalan remaja pada peserta didik, a) kesadaran Diri, b) motivasi belajar agama, c) pengetahuan bahaya narkoba dan efek bulliying.
Copyrights © 2025