Journal of Computer and Information System (J-CIS)
Vol 8 No 2 (2025): J-CIS Vol. 8 No. 2 Tahun 2025

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Pada Tingkat Sekolah Dasar Menggunakan Metode Electre

Rahman, Aulia (Unknown)
Indra (Unknown)
Muh Rafli Rasyid (Unknown)
Maulana Aqsha (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2025

Abstract

Penentuan siswa berprestasi di tingkat sekolah dasar selama ini dilakukan secara manual dengan mengandalkan nilai rapor, sehingga meninmbulkan potensi subjektivitas, keterbatasan kriteria dan ketidakefisienan dalam proses seleksi. Permasalahan ini mendorong perlunya pengembangan sistem pendukung keputusan yang mampu memberikan hasil yang objektif, cepat, dan akurat. Penelitian ini merancang dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan berbasis web menggunakan metode ELECTRE (Elimination and Choice Expressing Reality), yang dikenal efektif dalam pengambilan keputusan multikriteria. Lima kriteria utama yang digunakan adalah prestasi akademik, kehadiran, prestasi non-akaemik, sikap dan prilaku, serta kedisiplinan. Sistem dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil pengujian yang dilakukan melalui metode black box dan validasi hasil dengan perhitungan manual menunjukan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik, memiliki tingkat akurasi perhitungan 100% dibandingkan perhitungan maual, serta secara signifikan meningkatkan efisiensi dan keobjektivan dalam proses seleksi siswa berprestasi. Temuan ini menunjukkan bahwa metode ELECTRE efektif diterapkan dalam konteks pendidikan dasar sebagai solusi pengambilan keputusan di lingkungan pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcis

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Computer and Information System (J-CIS) adalah Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika Universitas Sulawesi Barat. Bidang garapan jurnal J-CIS meliputi: Software Engineering, Networking, Data Mining and Big Data, Artificial Intelligence, ...