eProceedings of Applied Science
Vol. 11 No. 5 (2025): Oktober 2025

Simulasi Permainan Gasing Tradisional Menggunakan Teknologi Virtual Reality untuk Pelestarian Kebudayaan Tak Benda

Sianturi, Kevin (Unknown)
Akbar, Reza Mochamad (Unknown)
Fauzi, Amir Hasanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Abstrak— Permainan gasing tradisional merupakan warisan budaya takbenda yang semakin terlupakan seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup modern. Upaya pelestarian sangat penting agar warisan ini tidak punah dan tetap dikenal oleh generasi mendatang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan simulasi permainan gasing tradisional dengan memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai media edukasi dan pelestarian budaya. Aplikasi ini dirancang agar pengguna dapat merasakan pengalaman bermain gasing secara virtual dengan menghadirkan mekanika permainan yang realistis serta visualisasi lingkungan tradisional yang mendukung. Proses pengembangan meliputi penerapan simulasi fisika yang akurat untuk pergerakan gasing, perancangan interaksi pengguna yang intuitif melalui pengendali VR, serta antarmuka yang terintegrasi dengan konten edukasi budaya. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mempelajari cara bermain, sejarah, dan nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam permainan gasing. Hasil uji coba pengguna menunjukkan bahwa aplikasi ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan dan imersif, tetapi juga secara signifikan meningkatkan pemahaman dan minat terhadap permainan gasing tradisional. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa media digital seperti VR efektif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian warisan budaya takbenda. Kata Kunci— Virtual Reality, pelestarian budaya, permainan tradisional, gasing, simulasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

appliedscience

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Merupakan media publikasi proyek akhir keahlian vokasi lulusan Universitas Telkom. Karya tulis proyek akhir keahlian vokasi yang diunggah melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...