The purpose of research was to know the misconception of Biology on seventh grade students. The design was descriptive. Quantitative data were result of multiple choices test and essay that was analyzed by Certainty of Response Index (CRI) method. Qulitative data were the result of interview about misconception from science teachers. Samples thorough were VIII1 and VIII2 student that used simple random sampling. The result of research was 55% students misconception on all cocept in second semester. Misconception based on student CRI criteria answer was 13,28. With persentage of misconception that was 22,89% (low criteria). Misconception was dominanted in sub concept of ecosystem. Therefore, it can be concluded that concept of science that had frequently misconception was ecosystem.Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi materi IPA Biologi dan materi IPA yang paling banyak terjadi miskonsepsi pada siswa. Desain penelitian ini menggunakan kajian deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari tes soal pilihan jamak dan esay yang di analisis dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Data kualitatif berupa hasil wawancara tentang miskonsepsi dengan guru pelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 semester genap yang dipilih dari populasi secara simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang miskonsepsi mencapai 55% dari seluruh jumlah siswa. Miskonsepsi berdasarkan kriteria jawaban CRI yaitu 13,28 dengan persentase miskonsepsi siswa yaitu 22,89% (kriteria rendah). Miskonsepsi didominasi pada sub konsep satuan-satuan ekosistem. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi yang paling banyak terjadi miskonsepsi adalah ekosistem.Kata kunci : miskonsepsi, Certainty of Response Index, IPA Biologi
Copyrights © 2017