SPEKTRA KOMUNIKA
Vol 5 No 1 (2025): SPEKTRA KOMUNIKA : Jurnal Komunikasi & Dakwah

REPRESENTASI KONFLIK BIRRUL WALIDAIN PADA IKLAN DAIKIN ‘DOA DI UJUNG RAMADHAN’ EDISI RAMADHAN 1444 HIJRIYAH

Nafisah, Dewi (Unknown)
Robi'ah Machtumah Malayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2025

Abstract

Abstrak: Kajian ini membahas tentang representasi konflik birrul walidain pada iklan Daikin yang berjudul Do’a di Ujung Ramadhan. Tujuan dibuatnya kajian ini untuk menganalisis bagaimana representasi konflik yang bertentangan pada birrul walidain pada iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretatif serta metode semiotika Roland Barthes. Pendekatan tersebut diaplikasikan untuk mengungkap makna dan tanda dengan skema yang dibuat oleh Barthes yakni denotatif, konotatif, dan mitos. Kemudian penelitian ini mengambil sebanyak 10 adegan yang relevan dengan konteks penelitian yakni konflik antara anak dengan orang tua serta mengacu pada visual, dialog, serta simbol. Kemudian penelitian ini juga menggunakan representasi pendekatan konstruksionis milik Stuart Hall agar dapat mengungkap makna pada iklan tersebut yang berhubungan dengan budaya atau sosial. Selain itu, iklan ini juga memuat pesan moral yang lebih ditujukan pada anak supaya lebih menghargai dengan berbakti pada orang tuanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Daikin ‘Do’a di Ujung Ramadhan’ merepresentasikan beberapa moral yang ditujukan untuk anak seperti untuk menghindari konflik pada orang tua terutama ibu, merawat ibu yang sudah lanjut usia dengan sabar, dan senantiasa mendoakan ibunya. Jadi, diharapkan hasil dari penelitian ini bisa membawa dampak yang baik dan sistematis baik untuk pembaca maupun peneliti selanjutnya. Abstract: This study discusses the representation of birrul walidain conflict in the Daikin advertisement titled ‘Do’a di Ujung Ramadhan’. The purpose of this study is to analyze how the conflicting representation of birrul walidain is portrayed in the advertisement. This research uses an interpretative qualitative approach and Roland Barthes’ semiotic method. This approach is applied to uncover meanings and signs based on Barthes’ framework, which includes denotative, connotative and myth. Then, selected 10 scenes relevant to the research context, namely the conflict between children and parent referring to visuals, dialogues, and symbols. Additionally, this research employs Stuart Hall’s constructionist approach to reveal meanings within the advertisement that relate to culture or society. In addition, this advertisement also contains a moral message aimed at children to value being devoted to their parent. Research findings show that Daikin’s advertisement titled ‘Do’a di Ujung Ramadhan’ represents several morals directed towards children, such as avoiding conflict with parents, especially mother, caring for elderly mothers with patience, and constantly praying for their mother. Therefore, it is hoped that the results of this research can have a positive and systematic impact on both readers and future research.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

spektra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Spektra Komunika adalah jurnal Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang. Jurnal Spektra Komunika menjadi media kajian teoritis dan aplikatif ilmu komunikasi dan ilmu dakwah, baik dari hasil penelitian empirik maupun ...