Economics and Digital Business Review
Vol. 7 No. 1 (2025): Agustus - Januari

Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Pada Kelompok Usaha Serba Guna di Desa Dunggala Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo

Djama, Imaniar (Unknown)
Djibran, Moh. Muchlis (Unknown)
Gobel, Yusriyah Atikah (Unknown)
Djaini, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi pemasaran pemasaran minyak kelapa pada kelompok usaha serba guna, dan juga untuk mengetahui bagaimana strategi yang tepat bagi pemasaran minyak kelapa pada kelompok usaha serba guna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2025. Penelitian ini melibatkan 18 orang pelaku usaha pada Kelompok usaha serba guna. Metode penelitian adalah survei, dengan menggunakan Analisis SWOT yang memberikan penjelasan bagaimana faktor internal dan eksternal perusahaan disusun dalam bentuk matriks untuk merumuskan strategi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan Faktor internal dalam pemasaran produk minyak kelapa oleh Kelompok Usaha Serba Guna menunjukkan kekuatan utama berupa akses bahan baku yang melimpah, efisiensi proses produksi, dan legalitas produk melalui sertifikasi atau izin usaha, PIRT dan lainnya. Namun demikian, kelemahan signifikan masih ditemukan pada keterbatasan modal, rendahnya kemampuan manajerial, serta belum adanya strategi adaptasi yang efektif. Di sisi eksternal, peluang muncul dari adanya potensi pertumbuhan pasar lokal, dukungan kebijakan pemerintah, dan kemungkinan kemitraan dengan pihak lain. Adapun ancaman berasal dari persaingan produk impor dan fluktuasi harga bahan baku. Selanjutnya Strategi pemasaran yang tepat bagi Kelompok Usaha “Serba Guna” adalah pada Kuadran II dalam analisis SWOT yakni strategi pelatihan menajemen operasional dan digitalisasi dari pemerintah, pemanfaatan teknologi digital untuk mengatasi ketergantungan pasar tradisional, dan inkubasi produk turunan dari bahan baku minyak kelapa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...