This study aims to describe Mid-semester and end-of semester Biology test according to test and taxonomic bloom revision Anderson et al. The samples were 7 biology teachers who teach in high school sub district Gadingrejo with saturated sampling technique. The data were cognitive dimensions and test. The data analysis used t-test or U-test by using computer program spss 17.0 for windows with probability p-value 0.05, so H1 is accepted. The result on Mid-semester test showed there was significant difference on public and private schoolson C2 factual and conceptual. Whereas C1 and C3 on Mid-semester test and all cognitive aspects on end semester test showed there is no significant difference and all tests are dominated by plural choie.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan soal tes UTS dan UAS mata pelajaran biologi berdasarkan bentuk soal dan taksonomi Bloom revisi Anderson dkk. Sampel penelitian adalah 7 guru biologi yang mengajar di SMA se-Kecamatan Gadingrejo dengan teknik pengambilan sampling jenuh. Data berupa jumlah soal tiap jenjang kognitif dan bentuk soal, kemudian analisis dilakukan dengan uji perbedaan menggunakan uji-t atau uji-U menggunakan program SPSS 17.0 for windows dengan ketentuan p-value 0.05, maka H1 diterima. Hasil penelitian soal UTS, dimensi kognitif yang memiliki perbedaan antara sekolah negeri dan swasta adalah C2 faktual dan konseptual. Sedangkan dimensi kognitif C1 dan C3 pada soal UTS serta pada semua dimensi kognitif soal UAS, tidak terdapat perbedaan signifikan dimana seluruh soal didominasi dalam bentuk pilihan jamak.Kata kunci : aspek kognitif, aspek pengetahuan, taksonomi Anderson
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017