Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 5, No 6 (2017): Jurnal Bioterdidik

Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah Perkembangan Hewan

Suryanti Suryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

This study aims to find the perceptions of students on the implementation of learning subjects of animal development semester IV FKIP Pekanbaru Lesson 2016/2017. The method used survey method. The population of this study is the entire semester III which amounted to 198 people. The process of sampling is by simple random sampling. The highest pedagogic competence (97,78) with the excellent group that is communicating effectively, empathic and polite with the learners and the lowest score (74,71) with good group. As for the professional competence to Mastering the materials, structure, concepts and mindset of scholarship that support the subjects (86.19). It can be concluded for pedagogic competence that communicate effectively, empathic and courteous with learners and master the characteristics of learners from the physical, moral, spiritual, social, cultural, emotional and intellectual aspects. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Perkembangan Hewan semester IV FKIP. Metode yang digunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh semester III yang berjumlah 198 orang. Proses pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling. Hasil penelitian yaitu kompetensi pedagogik nilai tertinggi (97,78) dengan katagori sangat baik yaitu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan nilai yang terendah (74,71) dengan katagori baik yaitu tentang menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual. Sedangkan untuk kompetensi professional untuk menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (86,19). Dapat disimpulkan Untuk kompetensi pedagogik berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.Kata kunci : kompetensi pedagogik, kompetensi professional,persepsi mahasiswa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...