Jurnal Rekayasa Mesin
Vol 8, No 2 (2013): Volume 8, Nomor 2, Agustus 2013

Pengendalian Overspeed Pada Mesin Diesel

Agus Pramono, Eko Boedisoesetyo, (Politeknik Negeri Semarang) (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2013

Abstract

Dunia teknik otomotif kita sudah sering mengenal istilah Diesel engine.dalam operasionalnya untuk mobilitas lapangan sering terjadi dengan mendadak suatu kecepatan yang sangat tinggi diatas (3000-rpm) yang melebihi kecepatan yang distandarkan oleh aturan sistem mekanisme engine hal ini sering terjadi dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah berlebihanya volume bahan bakar yang di injeksikan  dari pompa injeksi bahan bakar menuju nozel dan getaran engine yang menambah faktor terjadinya kecepatan putaran yang melebihi ketentuan standar putaran untuk diesel engine. Untuk menghindari hal inilah yang terjadi yang dinamakan overspeed hal ini kalau dibiarkan akan mengakibatkan merambatnya kerusakan yang tidak diinginkan Dengan metoda penurunan putaran yang telah melewati penelitian dan pengalaman lapangan oleh para insinyur mesin.untuk  mengatasi suatu problim pengendalian overspeed khusus untuk Diesel engine diciptakan agar mampu secara otomatis mengendalikan dengan sediri putaran yang berlebihan tersebut sehingga dapat dikondisikan menjadi stabil kembali dalam putaran normal.yang membuat putaran mesin menjadi Idle kembali.dengan perlengkapan pengendali putaran.Kata Kunci : “overspeed”, “governor”, pengendali putaran ekstrim”

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Mechanical Engineering

Description

Rekayasa Mesin(d/h MANDEGANI) diterbitkan sejak 1997, dengan frekuensi 3 kali setahun. Misi : media komunikasi bagi dosen, praktisi, dan ilmuwan tentang karya ilmiah (scientific article) hasil-hasil penelitian, survei, studi kasus dan telaah pustaka yang erat hubungannya dengan teknik mesin, ...