Jurnal Dialektika Pendidikan IPS
Vol. 3 No. 2 (2023): Issue

Penilaian Kreativitas Siswa Melalui Produk Infografis Dalam Project Based Learning

Nikmah, Evy Nazilatun (Unknown)
Segara, Nuansa Bayu (Unknown)
Niswatin, Niswatin (Unknown)
Imron, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pembelajarannya sendiri, membuat proyek kolaborasi serta mempresentasikan hasil proyek (produk infografis) tersebut. Dari proyek kreatif yang dihasilkan siswa, biasanya orang menghubungkan dengan kreativitas. Dengan kata lain, produk kreatif penting untuk menilai kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas siswa dengan melakukan penilaian kreativitas siswa melalui produk infografis dalam Project Based Learning (PjBL). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian atau informan yang diambil adalah seluruh siswa di kelas VII-J SMP Negeri 42 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Selanjutnya, pada tahap analisis data berpatok pada model Miles dan Huberman dengan menggunakan teknik interaktif. Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa penilaian kreativitas siswa melalui produk infografis dalam Project Based Learning (PjBL), ditemukan bahwasannya siswa yang kreatif dalam proses pembelajaran belum tentu dapat menghasilkan produk yang kreatif, begitupun sebaliknya. Hasil produk yang kreatif belum tentu dihasilkan dari siswa yang kreatif selama proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PENIPS

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Dialektika Pendidikan IPS merupakan jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan oleh Program Studi S1 ​​Pendidikan IPS FISH Unesa, Surabaya. Adapun fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah: 1. Hasil penelitian praksis Pendidikan IPS (integrasi): Inovasi pembelajaran IPS, Penelitian ...