Digitalisasi media pembelajaran Islam pada era teknologi modern memberikan dampak signifikan terhadap proses pendidikan keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis pemanfaatan media digital dalam meningkatkan pemahaman keagamaan, penguatan literasi digital, perubahan pola interaksi pendidik dan peserta didik, tantangan etis, peran pendidik sebagai kurator konten digital, serta terbentuknya lingkungan belajar kolaboratif. Hasil kajian menunjukkan bahwa media digital mampu memperkaya pengalaman belajar peserta didik, meningkatkan keterlibatan aktif, dan mendorong pembelajaran mandiri yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Tantangan etis muncul akibat akses informasi yang luas, sehingga pengawasan dan bimbingan pendidik menjadi penting. Optimalisasi peran pendidik sebagai kurator konten digital memastikan materi yang disampaikan relevan, autentik, dan mendukung pembentukan karakter peserta didik. Digitalisasi pembelajaran Islam tidak hanya menghadirkan inovasi teknis, tetapi juga mempengaruhi paradigma pendidikan keagamaan secara komprehensif, sehingga pendidikan Islam tetap adaptif dan efektif pada era teknologi modern.
Copyrights © 2025