Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan bagi platform belanja online, pertumbuhan besar disektor e- Commerce ini menjadi fenomena mendominasi pasar indonesia secara komersial, berdasarkan nilai Gross Merchadise Value (GMV), Platform e- Commerce shopee merupakan e- Commerce yang mendominasi pasar e- Commerce sekarang ini dan memiliki nilai GMV tertinggi, namun terdapat kendala yang dihadapi oleh shopee dalam meempertahankan pasar, dimana terdapat dinamika persaingan yang cukup tinggi, berbagai upaya yng dilakukan diantaranya melalui memaksimalkan ekuitas merek, tujuan penelitian ini untuk menganalisa serta mengukur tingkat Ekuitas Merek(Brand Equity) untuk platform e- Commerce Shopee, metode penelitian berupa metode kuantitatif dan teknik analisa data yang digunakan berupa pengukuran elemen ekuitas merek yakni brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty, dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam brand awareness, platform shopee menempati top of Mind, untuk brand association , berdasarkan uji cohran dinyatakan semua sosiasi saling berhubungan, sedaangkan perceived quality masih perlu adanya perbaikan dari sisi performance guna memenuhi kepentingan konsumen, sedangkan brand loyalty nilai terendah terletak pada analisis switcher dan commited buyer, dan masukan bagi platform shopee sebaiknya meningkatkan kembali perceived quality dan juga commited buyer
Copyrights © 2025