Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bentuk aktivitas guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik di MAN 2 Barru Kabupaten Barru (2) mengetahui kendala yang dihadapi guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik di MAN 2 Barru Kabupaten Barru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk aktivitas guru PPKn di MAN 2 Barru sebagai pengarah dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik dengan mendorong partisipasi dan keterlibatan peserta didik untuk mengambil bagian dalam kegiatan upacara bendera baik sebagai petugas maupun sebagai peserta upacara. Selanjutnya memberikan contoh dengan menggunakan produk dalam negeri seperti menggunakan pakaian batik, menggunakan tas lokal sehingga menjadi teladan bagi peserta didik serta mengarahkannya menyanyikan lagu-lagu nasional. Sebagai pengajar dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik, dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengajarkan materi dengan mengaitkan dan mengembangkan materi nasionalisme dengan diskusi kelompok. Namun, tidak dibarengi dengan konsistensi guru yang terkadang hanya memberikan tugas, tidak memberikan penjelasan, pendampingan dan pengawasan yang baik sehingga proses pembelajaran terbilang monoton. Sehingga peranan guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik kurang optimal begitupun dengan ilmu yang diperoleh peserta didik. (2) Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam meningkatkan sikap nasionalisme peserta didik di MAN 2 Barru yaitu, kurang memperbaharui ilmu pengetahuan dan memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran serta rendahnya partisipasi peserta didik.
Copyrights © 2025