Kerupuk udang Kwanyar merupakan olahan hasil laut yang dikembangkan dari melimpahnya hasil laut di Kecamatan Kwanyar. Persaingan dalam penjualan kerupuk udang tidak mempengaruhi dalam proses produksi kerupuk udang Kwanyar tanpa mengetahui selera pembelian dari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen dan menganalisis atribut kerupuk udang yang dipertimbangkan oleh konsumen. Metode yang digunakan yaitu metode analisis konjoin dengan sampel sebanyak 96 orang. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden kerupuk udang kwanyar didominasi pada jenis pekerjaan swasta, dengan usia antara 20 tahun – 29 tahun, berjenis kelamin perempuan dengan pendapatan Rp 500.000. Atribut yang paling diminati oleh konsumen yaitu kerupuk udang dengan ukuran kerupuk besar, berwarna putih, harga Rp 40.000, berbentuk oval dan membeli langsung kepada produsen. Tingkat kepentingan atribut kerupuk udang yang paling utama yaitu bentuk, diikuti oleh ukuran,harga, warna dan tempat membeli.
Copyrights © 2024