Rendahnya pengetahuan tentang cara menyikat gigi yang benar serta perilaku kebersihan mulut yang kurang memadai berdampak terhadap buruknya kesehatan gigi dan mulut remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi digital menggunakan media video Tooth Brushing Practice (TBP) dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa terkait kebersihan gigi dan mulut. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan pre-test–post-test control group pada 60 siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo yang dibagi secara acak ke dalam kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan dan perilaku yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi. Kelompok intervensi memperoleh edukasi digital melalui pemutaran video TBP di kelas dan pengiriman video melalui WhatsApp selama tujuh hari, sementara kelompok kontrol tidak menerima edukasi apa pun. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney untuk melihat perbedaan antara kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pengetahuan dan perilaku menyikat gigi pada kelompok intervensi setelah mendapatkan edukasi digital (p < 0,05), sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami perubahan bermakna. Temuan ini menunjukkan bahwa edukasi digital berbasis video efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku kebersihan gigi dan mulut siswa, serta berpotensi digunakan sebagai metode edukasi kesehatan yang praktis dan efisien di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2025