Pada Era Digital yang terus berkembang ini, kegiatan operasional di berbagai institusi pendidikan dituntut untuk mengikuti dinamika teknologi informasi yang berguna untuk menjaga efisiensi dan juga relevansi pelayanan. Sasaran khususnya adalah siswa di SMK YP Karya 1 di Kota Tangerang, yang jarang menjadi fokus studi akademik transformasi digital operasional. Pendekatan yang dilakukan ialah penyuluhan operasional digital, yang difokuskan pada siswa dan sekolah untuk bersama‑sama mengoptimalkan aspek operasional sekolah untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital aspek operasional di SMK YP Karya 1 melalui penyuluhan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kebutuhan sekolah. Penyuluhan ini diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi, kualitas layanan, dan kesiapan lulusan dalam menghadapi tantangan industri masa depan. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah pendekatan ceramah dan partisipasi aktif dalam sebuah diskusi kelompok. Pendekatan ini dipilih untuk memastikan bahwa peserta tidak hanya menerima informasi secara teoritis tetapi juga dapat langsung berdiskusi dalam konteks operasional sehari-hari di sekolah. Peserta terdiri dari siswa SMK yang berjumlah 37 orang. Mereka terbagi menjadi 9 (sembilan) orang laki-laki, serta 28 (dua puluh delapan) 28 orang perempuan. Siswa yang mengikuti penyuluhan semuanya berasal dari kelas XII. Hasil diskusi yang muncul serta menarik untuk disampaikan adalah perlunya sistem informasi atau situs resmi tentang sekolah yang dapat memberikan informasi lebih rinci kepada masyarakat. Selain itu, perlu pengaturan laman yang lebih baik agar laman resmi dapat muncul di halaman pertama mesin peramban pada saat pencarian daring dilakukan. Hal lain yang muncul adalah perlunya transformasi digital di bidang manajemen keuangan dan pengelolaan data siswa.
Copyrights © 2025